Berita

Kementerian PUPR RI Selesaikan Pembangunan Fasilitas Pendidikan 4 PTN dan 1 PTKIN di Sulsel

Jumat, 16 Oktober 2020 - 14:36
Kementerian PUPR RI Selesaikan Pembangunan Fasilitas Pendidikan 4 PTN dan 1 PTKIN di Sulsel Ilustrasi pembangunan fasilitas pendidikan PTN dan PTKIN di Sulsel (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES RIAU, JAKARTAJakarta - Setelah diselesaikan pembangunan Gedung Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang Kota Makassar, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) saat ini juga membangun fasilitas pendidikan di 3 perguruan tinggi di Provinsi Sulawesi Selatan yakni Gedung Kuliah Politeknik Negeri Pangkajene dan Kepulauan, Gedung Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Universitas Negeri Makassar, dan Gedung Rumah Sakit Pendidikan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan, rehabilitasi fasilitas pendidikan merupakan instruksi Presiden Joko Widodo kepada Kementerian PUPR untuk mempercepat pembangunan dan rehabilitasi 10.000 sekolah, madrasah, dan lanjutan Konstruksi Dalam Pengerjaan (KDP) Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di seluruh Indonesia.

pendidikan-PTN-dan-PTKIN-2.jpg

“Kita lanjutkan pembangunan sarana pendidikan guna mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. Manfaatkan fasilitas yang sudah dibangun. Generasi mendatang harus lebih pintar karena fasilitasnya lebih baik,” kata Menteri Basuki.

Pembangunan Gedung Kuliah Politeknik Negeri Pangkajene dan Kepulauan mulai dikerjakan pada 31 Desember 2019 dengan anggaran APBN sebesar Rp 42,2 miliar setelah sempat mangkrak sejak 2015.

pendidikan-PTN-dan-PTKIN-3.jpg

Adapun lingkup pekerjaannya meliputi pekerjaan struktur, mekanikal, dan elektrikal, lansekap serta fasilitas penunjang lainnya dengan progres hingga 29 September 2020 mencapai 68,7%. Kemudian Gedung Fakultas MIPA Universitas Negeri Makassar telah dilaksanakan sejak Desember 2019 dengan progres saat ini fisik mencapai 85 %, dan diperkirakan akan rampung 100 % di pebruari 2020. Sementara pembangunannya mulai tahap persiapan, struktur, arsitektur, mekanikal, elektrikal hingga lansekap dengan biaya sebesar Rp 43,8 miliar.

Selanjutnya untuk Gedung Rumah Sakit Pendidikan UIN Alauddin Makassar telah dilaksanakan lelang untuk dikerjakan konstruksi pada TA 2020 dengan target selesai 2021. Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan yang terletak di Jalan Sultan Alauddin, Makassar itu merupakan dukungan Kementerian PUPR RI untuk melanjutkan struktur bangunan yang telah dibangun pihak Rektorat sejak 2013 lalu dan sempat terhenti lama.

pendidikan-PTN-dan-PTKIN-4.jpg

Biaya pembangunannya diperkirakan sekitar Rp 171,8 miliar yang dialokasikan dari APBN TA 2020-2021. Selain infrastruktur yang masih dalam tahap konstruksi, juga telah diselesaikan pembangunan Gedung Teknik Kimia Politeknik Negeri Ujung Pandang Kota Makassar pada september 2020 dengan biaya sebesar Rp 30 miliar Pembangunannya berupa melanjutkan Konstruksi Dalam Pelaksanaan (KDP) pada struktur dan arsitektural bangunan utama Gedung Teknik Kimia yang terhenti pada 2015 lalu serta menambah fasilitas lain seperti ruang laboratorium, gudang bahan kimia, genset, groundtank, dan lansekap, yg saat ini dalam proses serah terima pengelolaan ke poltek Negeri Ujung Pandang.

Selanjutnyan pekerjaan Rehabilitasi Gedung Kuliah Politeknik Negeri Media Keatif Makasar yang telah dibangun pada tahun 2019 senilai Rp 1,5 miliar pada saat ini telah dimanfaatkan untuk kegiatan perkuliahan dan secara aset telah diserah terimakan kepada Kemendikbud, adapun lingkup kegiatan meliputi pekerjaan rehab berat ruang kuliah, pekerjaan aristektural dan sistem plumbing yang selalu menjadi masalah gedung tersebut telah berfungsi dengan baik.

Pembangunan dan rehabilitasi fasilitas pendidikan pada PTN dan PTKIN di Sulawesi Selatan tersebut dikerjakan Kementerian PUPR RI melalui Direktorat Prasarana Strategis, Ditjen Cipta Karya mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pembangunan, Rehabilitasi, atau Renovasi Pasar Rakyat, Prasarana Perguruan Tinggi, dan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Riau just now

Welcome to TIMES Riau

TIMES Riau is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.