Berita

Kementerian PUPR RI Siap Dukung Relokasi Korban Bencana Tanah Longsor di Sumedang

Jumat, 15 Januari 2021 - 13:39
Kementerian PUPR RI Siap Dukung Relokasi Korban Bencana Tanah Longsor di Sumedang Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono saat meninjau lokasi bencana tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang Kamis (14/1/2021). (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES RIAU, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) terus berupaya mendukung penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana tanah  longsor di  Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Bencana tanah longsor terjadi pada Sabtu (9/1/2021) lalu, hingga menyebabkan kerusakan rumah warga dan korban jiwa. 

Saat meninjau lokasi bencana pada Kamis (14/1/2021), Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono menyampaikan mendapat perintah Presiden Joko Widodo untuk meninjau langsung di lapangan dan menyiapkan langkah untuk mempercepat penanganan bencana longsor. 

PUPR Longsor 3

"Terdapat langkah dalam penanganan bencana longsor yang disiapkan. Pertama, Kementerian PUPR telah mengerahkan alat berat untuk membantu proses evakuasi. Kami sudah siapkan, karena area yang sempit maka tidak cukup menampung alat berat lainnya," kata Menteri Basuki. 

Selanjutnya penanganan kedua adalah berkaitan dengan penguatan struktur tanah, sehingga bencana serupa tidak kembali terjadi. Dalam pelaksanaannya, Menteri Basuki mengatakan, Kementerian PUPR RI akan berkoordinasi dengan instansi terkait, diantaranya Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Dari hasil tinjauan di lapangan, Menteri Basuki menilai kawasan tersebut masuk dalam kategori zona merah rawan bencana longsor. 

PUPR Longsor 4Penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung yang terjadi pada Sabtu (9/1/2021) lalu (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi ketiga, lanjut Menteri Basuki yang tidak kalah penting adalah melakukan relokasi permukiman warga. Menteri Basuki mengatakan dalam hal ini akan bekerja sama dengan Pemeritah Kabupaten Sumedang untuk penyediaan lahannya. 

"Tadi sudah disampaikan dengan Pemerintah Daerah kedepannya harus direlokasi. Bapak Sekda sudah mengidentifikasi yang di bagian atas ada 132 rumah dan di bawah ada 92 rumah," tutur Menteri Basuki. 

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda)  Sumedang Herman Suryatman menyatakan mendukung penyediaan lahan untuk relokasi warga.

"Pembangunannya dari Kementerian PUPR, kami akan siapkan tanahnya di sejumlah tanah kas desa di wilayah Cimanggung. Dengan catatan, lokasi yang akan disiapkan benar-benar aman dari bencana," kata Herman Suryatman. 

PUPR Longsor 5Lokasi tanah longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

Untuk mendukung penanganan tanggap darurat bencana longsor, Kementerian PUPR RI melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Barat telah mengerahkan 2 unit Mobil Tanki Air  dan 2 unit Hidran Umum kapasitas 2.000 liter serta 1 unit Excavator dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum. 

Hadir mendampingi Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono ke lokasi tanah longsor di Sumedang tersebut, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR RI Hedy Rahadian, Dirjen Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Direktur Sungai dan Pantai Bob Arthur Lambogia, Jafung Perekayasa Utama Bidang SDA Arie Setiadi Moerwanto, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum Anang Muchlis, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VI Hari Suko Setiono, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Krisno Yuwono. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Riau just now

Welcome to TIMES Riau

TIMES Riau is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.