Berita

Sandiaga Uno: KEK Mandalika Harus Mampu Geliatkan Perekonomian Rakyat

Sabtu, 16 Januari 2021 - 10:20
Sandiaga Uno: KEK Mandalika Harus Mampu Geliatkan Perekonomian Rakyat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Uno saat mengunjungi KEK Mandalika.(FOTO: Dinas Kominfotik NTB)

TIMES RIAU, LOMBOK TENGAH – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Sandiaga Uno mengapresiasi atas upaya-upaya percepatan pembangunan KEK Mandalika termasuk di dalamnya pembangunan lintasan digelarnya MotoGP 2021.

Karena itu, Sandi sapaan akrab Menparekraf RI mengajak masyarakat untuk bangkit, dan juga terus meningkatkan hasil kerajinan, seraya tetap menjaga kebersihan, keamanan, kenyamanan dan kelestarian lingkungan.

“Dengan adanya Sirkuit Mandalika diharapkan dapat mengembangkan pariwisata berbasis olahraga (sport tourism)," kata Sandi, saat meninjau KEK Mandalika, pada Jumat (15/1/2021) sore.

Sandiaga Uno di Mandalika

Indonesia diketahui masuk daftar cadangan untuk penyelenggaraan ajang balap MotoGP 2021. Karena itu, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) terus mengebut pengerjaan Sirkuit Jalan Raya Mandalika yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika. Didukung view Pantai Mandalika yang indah dan eksotik.

Sandi menegaskan bahwa pergelaran MotoGP 2021 yang sedang diperjuangkan untuk diselenggarakan di Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, diharapkan mampu memicu kebangkitan ekonomi daerah sekitar.

“Saya ingin MotoGP ini bukan hanya sekedar infrastrukturnya saja yang terbangun tetapi juga sumber daya manusianya agar mereka bisa dengan cepat memanfaatkan peluang untuk membuka lapangan kerja,” ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Sandiaga Uno di Lombok 1

Sementara, Gubernur NTB Zulkieflimansyah membenarkan bahwa, Presiden Jokowi telah memberikan arahan kepada Menparekraf untuk mensukseskan event MotoGP.

Kementrian pariwisata, kata Zulkieflimansyah, selain mensukseskan MotoGP, tentu akan membuat event-event besar sebelum MotoGP. Karena menurutnya, salah satu cara mendongkrak perekonomian masyarakat adalah dengan memperbanyak event yang melibatkan masyarakat.

Menyinggung keberadaan motor listrik, Gubernur Zulkieflimansyah dihadapan Menparekraf menjelaskan, bahwa motor listrik  merupakan produk-produk kreatif anak muda NTB.

"Motor listrik hadir di NTB juga sebagai salah satu langkah untuk menghadapi gelaran MotoGP di Lombok. Moment dunia MotoGP juga sebagai unjuk kompetensi atas kemampuan anak-anak muda kreatif NTB untuk bisa bersaing dengan dunia luar," kata Zulkieflimansyah.

Pada kesempatan tersebut Menparekraf RI Sandiaga Uno juga menyerahkan bantuan toilet terbaik untuk KEK Mandalika. Toilet ini diklaim sebagai toilet paling lengkap dan juga terbaik jika dibandingkan dengan toilet-toilet di sejumlah destinasi wisata Indonesia.(*)

Pewarta : Anugrah Dany Septono
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Riau just now

Welcome to TIMES Riau

TIMES Riau is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.