Berita

Sejarah Hari Ini: 20 Juni, Peringatan Hari Ayah Sedunia

Minggu, 20 Juni 2021 - 12:07
Sejarah Hari Ini: 20 Juni, Peringatan Hari Ayah Sedunia Peringatan Hari Ayah Sedunia dilakukan setiap 20 Juni (Foto: Shutterstock)

TIMES RIAU, JAKARTASejarah hari ini mencatat, 20 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Ayah. Father's Day atau Hari Ayah sedunia adalah hari untuk menghormati bapak dan kontribusi ayah dalam masyarakat, baik ayah kandung, ayah tiri, ayah angkat, kakek, dan kakek buyut.

Sejarah peringatan Hari Ayah Sedunia bermula ketika seorang wanita muda bernama Sonora Smart Dodd dari Spokane ingin menghormati ayahnya.

Pada Mei 1909, Dodd duduk di gereja mendengarkan khotbah soal Hari Ibu. Dari situ, ia memutuskan ingin memberikan satu hari untuk ayahnya, William Jackson Smart.

sebagai informasi, Ibu Dodd meninggal saat melahirkan, dan ayah Dodd, seorang veteran Perang Sipil, telah mengambil tanggung jawab sendirian membesarkan bayi yang baru lahir dan kelima anaknya yang lain.

Tahun berikutnya, Dodd ingin merayakan Hari Ayah pada tanggal 5 Juni, tepat pada ulang tahun ayahnya, dan mengajukan petisi agar liburan tersebut diakui di kotanya.

Perayaan tersebut perlahan-lahan menyebar ke berbagai negara bagian di AS. Kemudian pada 1916, Presiden Woodrow Wilson menghormati hari itu dengan mengibarkan bendera Spokane di Washington D.C.

Pada masa pemerintahan Presiden Calvin Coolidge, tahun 1924, hari ayah sempat didesak untuk menjadi bagian dari perayaan nasional. Namun, Hari Ayah baru diresmikan sebagai hari nasional AS 48 tahun setelahnya, yaitu pada 1972 saat pemerintahan Presiden AS, Richard Nixon.

Hari Ayah pada 20 Juni mulai mendunia saat Perang Dunia II pecah. Kampanye utama dari Hari Ayah Sedunia pada saat itu adalah menghormati dan mendukung para ayah serta prajurit dalam perang. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Riau just now

Welcome to TIMES Riau

TIMES Riau is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.